img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Kelurahan Loa Tebu Dipersiapkan Menjadi Kampung KB

date_range 21 Juli 2016 | Oleh : Hmp08
Kelurahan Loa Tebu Dipersiapkan Menjadi Kampung KB

FOTO Lurah Loa Tebu AR. Ambo Dalle (pakai peci) saat membuka rapat persiapan pencanangan Kampung KB dan peresmian Bank Sampah.

TENGGARONG – Lurah Loa Tebu AR. Ambo Dalle menyatakan siap, jika wilayahnya menjadi tempat lounching pencanangan kampung Keluarga Berencana (KB),  lounching pencanangan kampung KB sendiri rencananya dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2016 yang akan datang. Hal tersebut disampaikannya pada rapat koordinasi persiapan pencanangan kampung KB Kutai Kartanegara (Kukar) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Loa Tebu, Jumat (15/7) lalu.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, atas ditunjuknya Kelurahan Loa Tebu sebagai tempat pencanangan Kampung KB, dan pada prinsipnya kami siap untuk melaksanakannya,” ujar Ambo Dalle.

Sementara itu Kepala Bidang Keluarga Berencana BKBP3A Kukar Zaifah Nurbani mengatakan Program Kampung KB merupakan program dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, dimana untuk Kabupaten Kukar direncanakan di Kelurahan Loa Tebu.

Ia juga menjelaskan pembentukan kampung KB bertujuan  untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui program kependudukan KB dan pembangunan keluarga yang terintegrasi dengan sektor pembangunan lainnya, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas dan sejahtera.

Ditunjuknya Loa Tebu sebagai wadah lounching kampung KB di Kukar, menurut Zaifah  karena kelurahan tersebut memenuhi syarat.  “Lounching rencananya akan kami lakukan di Bengkinang Kelurahan Loa Tebu, dan nantinya disana ada 8 Rukun Tetangga (RT) yang masuk dalam program pencanangan kampung KB,” ujar Zaifah.

Untuk diketahui berdasarkan BKKBN Pusat,  sasaran kampung KB tidak hanya menekan angka kelahiran, namun menjadi bagian dari program pengentasan kemiskinan diantaranya, pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pemantaban ketahanan keluarga, pemberdayaann ekonomi keluarga dan pengendalian,pengamatan serta pembinaan kepada penduduk.

Keberadaan Program kampung KB di masyarakat, sebagai sarana sukses 3 pilar program BKKBN yakni remaja bebas dari pergaulan seks bebas, remaja bebas dari narkoba dan remaja jangan menikah dini sebelum usia  setelah 20th, bisa menjadi dasar dan pegangan para generasi muda dalam membangun rumah tangga dan membentuk masa depan. (Hmp08)

Terkait

BERITA Lainnya