img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Dibalik Usaha Keras BKBP3A Menuai Sukses

date_range 21 Desember 2014 | Oleh : hmp04
Dibalik Usaha Keras BKBP3A Menuai Sukses

FOTO Usai menerima penghargaan APE Tingkat Utama Nasional, jajaran BKBP3A Kukar berfoto bersama dengan Bupati Kukar Rita Widyasari, Kamis (18/12) di Jakarta. (Foto by;Ropik)

JAKARTA - Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kutai Kartanegara (Kukar) terus memberikan pembinaan kepada kaum perempuan untuk terus berkarya dan mandiri. Usaha keras tersebut kini membuahkan hasil dan dianugerahi Penghargaan Anugerah Prahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama Nasional, Kamis (18/12) malam diterima Bupati Kukar Rita Widyasari diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yambise, di Jakarta.

Kepala BKBP3A Kukar Hj Aji Rodiah usai mendampingi Bupati Kukar menerima penghargaan mengatakan bahwa usaha keras yang dilakukan pihaknya telah dinilai dan berhasil meraih penghargaan. "Alhamdulillah keberhasilan ini tentunya atas kerjasama dengan semua stakholder terkait dengan kesetaraan gender di Kutai Kartanegara," katanya.

Menurut dia, sebelum menerima penghargaan pihaknya terlebih dahulu menyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti halnya, Peraturan Bupati terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG), Peraturah Daerah terkait Perlindungan Anak. Selain itu kata Rodiah, pihaknya juga melakukan pendataan dan membantu menuntaskan kasus-kasus yang berkaitan dengan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) serta trafiking. "Penanganan kasus kdrt hingga kepengadilan serta penanganan trafiking jugasudah dipulangkan ketempat asalnya masing-masing," katanya.

Selain itu lanjut dia, pihaknya selalu menjalin koordinasi dengan SKPD terkait dalam penanganan masalah gender di Kukar. "Kita juga telah bekerjasama dengan pihak sekolah-sekolah untuk menerapkan sekolah ramah anak, hingga sosialisasi masalah gender," ujarnya.

Dengan raihan prestasi tingkat utama nasional, tambah Rodiah, akan terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. "Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan penghargaan langsung meraih APE tingkat utama nasional meloncati du tingkatan," katanya.

Dan sebenarnya target meraih penghargaan seperti apa yang disampaikan Bupati Rita Widyasari hanya tingkat madya. Namun diluar dugaan kita berhasil dan dinilai baik oleh pusat terkait dengan PUG. "Berharap penghargaan ini akan terus dapat dipertahankan, dan saya jiga berharap kepada seluruh SKPD tambah semangat dan melaksanakan kesetaraan gender di Kutai Kartanegara,". Demikian harapnya. (Irwan;hmp04)