img
FLASHNEWS:

Chairil Anwar Buka Diklat Paskibraka 2013

Chairil Anwar Buka Diklat Paskibraka 2013
Asisten I Setkab Kukar Chairil Anwar saat menyematkan tanda peserta.

TENGGARONG – Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Hukum  Setkab Kukar, Chairil Anwar, Selasa ( 23/7 ) membuka pendidikan dan latihan pasukan pengibar bendera pusaka Diklat Paskibraka Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara di Ruang Serbaguna Kantor Bupati di Tenggarong, yang ditandai penyematan tanda peserta diklat dan penyerahan bendera latihan. Tampak hadir dalam acara tersebut forum koordinasi pimpinan daerah , SKPD, kepala dinas instansi dan sejumlah undangan lainnya.
 
Chairil Anwar dalam sambutannya mengatakan, diklat merupakan perwujudan nasionalisme bagi kita sebagai generasi penerus dan khususnya bagi adik - adik anggota pasukan pengibar bendera pusaka bukan hanya belajar dan memperdalam sejarah kebangsaan, tetapi memaknai dan meneladani semangat kejuangan dari para pejuang dan pendiri Republik ini. Perjuangan generasi muda termasuk didalamnya kegiatan adik - adik Paskibraka, bukan lagi berjuang mempertaruhkan fisik atau nyawa, tetapi berjuang melawan hasrat dan keinginan diri sendiri terhadap pengaruh perilaku yang negatif.  kebersamaan, solidaritas dan persaudaraan menurut Chairil Anwar  merupakan wujud lain dari cara menumbuhkan nasionalisme.
 
Sikap nasionalisme, faham dan semangat kebangsaan salah satunya diwujudkan melalui penghormatan kepada simbol kebangsaan dan negara, bendera merah putih, yang sekarang ini sedang adik - adik pelajari, dan tekuni untuk selanjutnya diperagakan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 68, Tanggal 17 Agustus 2013. Sebagai anggota Paskibra diharapkan mampu mengemban tanggung jawab moril yang cukup berat, karena adik - adik merupakan bagian dari sebuah prosesi upacara bendera yang tentu saja sangat diharapkan berjalan dengan tertib, lancar dan khidmat.
 
Kecermatan, ketelitian dan kesigapan adik - adik dalam melaksanakan tugas menaikkan dan menurunkan bendera yang akan diperagakan dalam berbagai simulasi dan latihan, pada saatnya harus ditunjukkan dan dibuktikkan. Kesiapan fisik harus juga diiringi dengan kematangan mental dan rasa percaya diri, agar tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan dengan baik, dan terhindar dari kesalahan.
 
Kesempatan sebagai anggota Paskibraka merupakan kebanggaan dan kehormatan tersendiri karena telah berhasil melewati berbagai tahapan seleksi yang cukup ketat, dimana hanya pelajar terpilih seperti kalian mendapatkan kesempatan berharga. Adik - adik akan menjalani latihan yang cukup melelahkan, harus bangun pagi hari, berlatih dibawah terik matahari dalam puasa serta berbagai latihan fisik lainnya yang semuanya diarahkan untuk menjaga kebugaran serta memperoleh pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, kepemimpinan dan kedisplinan. Diakhir sambutannya Chairil Anwar berharap kepada peserta diklat dapat mengamalkan materi yang telah diberikan dalam kehidupan sehari - hari dan diteruskan kepada generasi muda lainnya. (hmp 04/Betty).

 

VideoIndex
  •  
Pengumuman

Info Penanggulangan Bencana
banner banner banner