img
FLASHNEWS:

Bupati Kukar Serahkan SK Tim Terpadu Kamtibnas ke Kemenpolhukam

 Bupati Kukar Serahkan SK Tim Terpadu Kamtibnas ke Kemenpolhukam
Bupati Kukar Rita Widyasari saat menyerahkan SK Tim Terpadu Penanganan Gangguan Kemanan di terima Asdep 3/V Kamnas Kemenko Polhukam Royke Lumowa Selasa (28/5) di Kementerian Polhukam Jakarta.

JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang telah menyerahkan SK (Surat Keputusan) Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan Kabupaten Kukar, pada acara Studi Komperatif Tim Komunitas Intelejen Daerah (Kominda), Selasa (28/5) di Kemenko Polhukam Jakarta. Penyerahan SK Tim Terpadu Kamtibnas tersebut diserahkan langsung Bupati Kukar Rita Widyasari yang diterima Menko Polhukam Djoko Suyanto melalui Asdep 3/V Kamnas Kemenko Polhukam Royke Lumowa.


"Saya ucapkan selamat datang, Bupati dan jajaran pimpinan daerah dalam penyerahan  SK tim terpadu penanganan gangguan keamanan di Kutai Kartanegara," sambut Sekretais Kemenko Polhukam Letnan Jenderal TNI Langgeng S.
Menurut dia, SK tim Kamtibnas yang diserahkan Bupati Kukar ini yang paling lengkap, "Saya mengapresiasi atas kedatangan Bupati Rita Widyasari bersama unsur pimpinan daerah. Dan datanya juga paling lengkap dari provinsi maupun kabupaten/kota lainnya di Indonesia," katanya.


Dalam pertemuan itu, Bupati Kukar Rita Widyasari sebelum memberikan penjelasan rencana aksi penanganan gangguan keamanan Kukar, terlebih dahulu memperkenalkan rombongan yang ikut bersamanya yakni Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkod) diantaranya, Ketua DPRD Kukar Salehuddin, Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Dendi Suryadi, Kapolres Kukar AKBP I Gusti Kade Budhi Harryarsana dan Kepala SKPD terkait.
Setelah memperkenalkan rombongan, Rita Widyasari memberikan penjelasan bahwa wilayah Kabupaten Kukar sangat luas dengan wilayah yang terbagi menjadi tiga bagian yakni, wilayah tengah atau kota, pesisir dan hulu mahakam. Kukar sendiri saat ini sangat terkenal dengan potensi sumber daya alam yang begitu melimpah, seperti halnya tambang batubara, minyak dan gas bumi, perkebunan dan potensi lainnya.


"Luasnya wilayah yang dimiliki Kukar ini, tidak menutup kemungkinan adanya gangguan kemanan, namun pemkab Kukar bersama Kapolres, Dandim 0906 Tenggarong terus berupaya melakukan pencegahan baik itu perselisihan maupun komplik," katanya. Menurut Rita seraya berterimakasih kepada Kemenko Polhukam yang telah memberikan perhatian dalam hal ini, sehingga SK Kamtibnas Kukar dapat terbentuk dan diserahkan. "Jujur saja saya katakan bahwa penanganan komplik tidak hanya tanggung jawab pihak kemanan setempat melainkan Bupati berperan besar dalam hal penanganan gangguan keamanan," ujarnya.

Dikatakan Rita, dalam upaya mendukung kegiatan tersebut, pihaknya telah menyiapkan rencana aksi dalam penanganan gangguan kemanan di wilayah Kukar seperti mencegah terjadinya pemicu komplik dan lainnya. "Inilah yang kita harapkan wilayah Kutai Kartanegara tetap dalam keadaan aman dan tenram, Ahamdulillah selama ini kondisi di Kukar tetap dalam keadaan aman, tentram, dan menjadikan masyarakat sejahtera,". Ujarnya. Dia menambahkan dan berharap kepada Kemen Polhukam agar terus memberikan pembinaan agar rencana aksi-aksi yang akan kita laksanakan dapat berjalan dengan baik dan selalu siap siaga dalam meredam hal-hal yang tidak kita inginkan. Pungkasnya. (hmp4)

 

VideoIndex
  •  
Pengumuman

Info Penanggulangan Bencana
banner banner banner