img
FLASHNEWS:

Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang Dan Aman (B2SA)

Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang Dan Aman (B2SA)

Tenggarong- 17 Kecamatan Se Kabupaten Kukar mengikuti Lomba Cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang digelar oleh Badan ketahanan pangan dan penyuluhan Kab. Kukar bekerja sama dengan Tim penggerak PKK Kab Kukar pada (13/9) lalu di Pendopo Wakil Bupati Kukar.
Tujuan dari pelaksanaan ini selain untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, monivasi dan keterampilan bagi para peserta juga untuk memilih calon peserta yang akan mewakili Kabupaten Kukar pada lomba B2SA tingkat Propinsi kaltim yang akan diselenggarakan pada 25 September 2012 mendatang. Selain itu tim juri  yang di ketuai oleh Sai’in dari dinas kesehatan dan 4 juri lainnya dari PKK Kukar, perhotelan dan SMKN 3 Samarinda
Staf ahli Bupati Kukar Bidang Hukum dan Politik Salmon Zakaria yang mewakili Bupati Kukar saat membuka acara lomba B2SA mengatakan bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan daerah yang memiliki potensi lahan pertanian sangat luas. Produk – produk pertanian yang telah ada juga sangat beragam. Hal ini merupakan peluang yang dapat dikelola sebagai competitive advantage yaitu dengan mengolah produk hulu menjadi produk lain dengan added value yang lebih besar dari sebelumnya.
 
Oleh karena itu ia  berharap agar potensi komoditas pangan lokal yang kita miliki, agar dapat dikelola dengan bijak menjadi menu makanan yang beragam, bergizi, berimbang dan aman untuk dikonsumsi masyarakat. Untuk itu maka perlu kita cermati dan pahami benar 3 (tiga) kata kunci dalam pengertian 3B, yaitu : 1) Keseimbangan antar asupan zat gizi dengan kebutuhan; 2) Berimbangnya jumlah antar kelompok pangan; 3) Berimbangnya jumlah antar waktu.  Dengan pemahaman yang benar terhadap pentingnya makanan yang sehat dalam kehidupan, diharapkan akan terwujud masyarakat yang sehat jasmani dan rohani
Sementara itu Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Akhmad Hardi Dwi Putra  saat ditemui usai perlombaan B2SA mengatakan perlombaan ini difokuskan untuk pemanfaatan umbi-umbian khususnya sebagai sumber pangan karbohidrat non beras  yang saat ini masih sangat rendah. Hal ini dipicu oleh persepsi yang berlaku umum dimasyarakat yang belum merasa makan kalo belum memakan nasi, padahal sumbangan energy yang dihasilkan oleh kelompok pangan umbi-umbian yang setara dengan energy yang dihasilkan oleh nasdaang sui.
Badan ketahanan Pangan dan penyuluhan berusaha mempromosikan, mensosialisasikan dan memasyarakatkan penganekaragaman  pangan dengan mengoptimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan sasaran kelompok tani wanita yang sudah berlangsung dari tahun 2009, gerakan makanan B2SA untuk anak sekolah dasar /madrasah yang berlangsung sejak tahun 2010, gerakan makan B2SA untuk Ibu hamil, menyusui dan anak balita yang dilaksanajan pada tahun 2009 sampai dengan 2011 dan juga lomba B2SA yang merupakan agenda rutin untuk memilih calon peserta yang akan mewakili Kabupaten Kukar pada lomba B2SA tingkat Propinsi kaltim yang akan diselenggarakan pada 25 September 2012 mendatang.
Kecamatan Loa Kulu dengan perolehan nilai 77,2 berhasil meraih juara I dan berhak mewakili Kabupaten Kukar pada lomba B2SA tingkat Propinsi kaltim, juara II diraih oleh Kecamatan Muara Badak dengan nilai 75,8, juara III diraih kecamatan Loa Janan dengan nilai 75,6, juara harapan I diraih Kecamatan Kota Bangun dengan Nilai 74, 28 dan juara harapan II diraih oleh kecamatan Muara wis dengan nilai 73,224(Hmp09)

 

VideoIndex
  •  
Pengumuman

Info Penanggulangan Bencana
banner banner banner