img
FLASHNEWS:

Pemkab Kukar, Sampaikan Nota Keuangan P-APBD Anggaran 2012

Pemkab Kukar, Sampaikan Nota Keuangan P-APBD Anggaran 2012



TENGGARONG – Lanjutan pidato Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari pada Rapat Paripurna (Rapar) III DPRD Kukar dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Perubahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2012.

Disampaiakan Sekkab Kukar HAPM Haryanto Bachroel, mengatakan dalam Nota Kesepakatan struktur P-APBD Kukar 2012 berubah dari Rp 6,80 Triliun menjadi Rp 6,92 Triliun, perubahan tersebut secara garis besar dapat saya sampaikan.

Dari sisi pendapatan daerah adanya bantuan keuangan Provinsi Kaltim Rp 71,75 Milyar, yang telah diarahkan pada kegiatan pembangunan infrastruktur Rp 27,50 Milyar, pertanian dalam arti luas Rp 69,50 dan pengembangan SDM Rp 2,25 Milyar.

Pada sisi belanja daerah adanya tambahan belanja SKPD hasil rapat dengan Komisi untuk optimalisasi pencapaian program kegiatan. Untuk Multiyears Contract hasil evaluasi Komisi II DPRD dan evaluasi pencapaian progres fisik oleh Tim Pemkab Kukar, dimana penambahan pagu Multiyears dari Perubahan APBD Provinsi Kaltim 2012.

Kemudian, untuk belanja bantuan sosial (Bansos) setelah kurang lebih 2 tahun di evaluasi diarahkan kepada bantuan rumah ibadah yang tertunda, serta hibah diarahkan pada mitra pemerintah untuk pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Untuk pembiayaan daerah, khususnya pengeluaran pembiayaan adanya tambahan pembayaran pokok hutang setelah audit badan pemeriksa keuangan (BPK) dan Inkrah Pengadilan (keputusan pengadilan berkekuatan hukum tetap)," jelasnya.

Penjelasan yang saya sampaikan diatas pada dasarnya, bahwa perubahan struktur perubahan APBD lebih mengara pada upaya penyempurnaan dan kesesuaian antara kebijakan pembangunan, dengan kemampuan sumberdaya yang tersedia serta pertimbangan yang menyertai urgensi APBD 2012. Dalam mendukung percepatan pembangunan yang diagendakan dalam RPJMD, agar terwujud sesuai target yang telah ditentukan dalam kurun waktu perencanaan.

P-APBD 2012 adalah merupakan penjabaran lebih lanjut dari Nota Kesepakatan antara Pemkab Kukar dengan DPRD Kabupaten Kukar No.180/MoU-13/HK/2012, No.1.170/01-Persid/VIII/2012 tanggal 6 Agustus 2012 tentang Kebijakan Umum P-APBD Kabupaten Kukar 2012, serta Nota Kesepakatan antara Pemkab Kukar dengan DPRD Kabupaten Kukar No.180/MoU-14/HK/2012 dan No.2.170/01-Persid/VIII/2012 tentang Priiritas dan Plafon Anggaran sementara P-APBD 2012.

Dengan pertimbangan kebijaksanaan yang tertuang dalam Kebijaksanaan Umum P-APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran sementara P-APBD 2012 sebesar Rp.6,92 Triliun," terang Bachroel, dihadapan anggota dewan terhormat.(rahman/hmp05).     

 

banner banner banner