img
FLASHNEWS:

Desa Loleng Kota Bangun Jadi Project Tanaman Singkong

Desa Loleng Kota Bangun Jadi Project Tanaman Singkong

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk terus berkreasi dan berusaha melalui program pengembangan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) Gerbang Raja "Singkong Sejahtera Kutai Kartanegara".Keseriusan pemkab Kukar tersebut melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Worshop Kredit UKMK dan Pengembangan Budidaya Tanaman Singkong, dengan peserta dari unsur kecamatan dan desa/kelurahan, koperasi, kelompok tani, perguruan tinggi, SKPD terkait dan pemerhati pertanian khususnya tanaman singkong.

Kegiatan itu dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Hukum Setkab Kukar H Chairil Anwar, didampingi Kepala Bappeda Kukar Totok Heru Subroto sekaligus menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim, Investor PT Bintang Kaltim Perkasa dan Koperasi Serba Usaha Nur Hikmah Tentang Budidaya Pengembangan Singkong melalui program kredit modal kerja usaha mikro kecil, menengah, Selasa (17/7) di Ruang Serbaguna Bappeda Tenggarong.

Sebagai langkah awal pengembangan tanaman singkong tersebut dipilih sebagai pilot project adalah Desa Loleng Kecamatan Kota Bangun. "Saya menyambut baik hal ini, dan ini sesuai dengan visi misi program Gerbang Raja dalam program UKMK," katanya.

Dikatakan dia, saat ini potensi terbesar yang terkenal hanyalah penambangan emas hitam atau batu bara yang sebenarnya tidak dapat diperbaharui, jika terus dikeruk akan habis, cadangan energi kita juga akan berkurang. "Mari kita mulai walaupun perlahan, kita giatkan usaha-usaha lain yang produktif, seperti potensi tanaman singkong," ujarnya. Dia berharap dalam kegiatan ini para kelompok tani akan memahami dan mulai memikirkan kelestarian bumi bagi keberlangsungan hidup generasi mendatang serta tidak memikirkan keuntungan pribadi semata. 

Selain itu juga, lanjut Chairil Anwar usaha kecil dan menengah yang menjadi pelaku ekonomi mayoritas Indonesia. Bahkan keberadaan koperasi juga menjadi program penting yang harus terus diberdayakan, koperasi merupakan soko guru perekonomian indonesia, berdasarkan asas kekeluargaan dan saling menguntungkan. "Kesadaran koperasi terutama di Kutai Kartanegara masih perlu ditingkatkan, dan juga masih memerlukan pendampingan agar dapat berjalan sesuai tujuan pendiriannya sebuah koperasi,". Pungkasnya. (hmp4)

 

VideoIndex
  •  
Pengumuman

Info Penanggulangan Bencana
banner banner banner