img
FLASHNEWS:

Batas Akhir Penyampaian SPT PPh OP 31 Maret 2012

Batas Akhir Penyampaian SPT PPh OP 31 Maret 2012

TENGGARONG - Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tenggarong Anton Budhi Setiawan menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat wajib pajak, bahwa batas akhir penyampaian SPT tahunan orang pribadi (OP) tahun pajak 2011 berahir 31 Maret 2012. Dan untuk SPT tahunan PPh badan pada akhir April 2012.


"Kami menyadari sepenuhnya ditengah perkembangan pemberitaan media masa yang mendiskreditkan institusi dan sorotan masyarakat, hal ini menjadikan pelajaran bagi kami dan momentum untuk terus memperbaiki diri untuk meraih kembali kepercayaan masyarakat dalam upaya menjadikan Direktorat jenderal Pajak yang bersih dan dapat dipercaya," kata  Anton pada Pekan Panutan Penyampaian SPT tahunan PPh Op, Rabu (14/3) di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Tenggarong.


Menurut dia, dengan pelaksanaan pekan panutan bersama Sekkab Kukar HAPM Haryanto Bachroel serta para pejabat di jajaran pemkab Kutai Kartanegara diharapkan menjadi teladan kepada warga masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, salah satunya menyampaikan SPT tahunan. "Semoga pekan panutan penyampaian SPT tahunan ini dapat diikuti oleh wajib pajak di Kabupaten Kutai Kartanegara," ujarnya.


Adapun jumlah wajib pajak yang terdaftar di Kukar, Anton menyebutkan sebanyak 85.686 wajib pajak baik badan bendahara, maupun orang pribadi dengan kepatuhan penyampaian SPT tahun pajak 2010 adalah 33% berarti ada 57.408 wajib pajak tidak melaporkan SPTnya, untuk itu kami meminta bantuan kepada Muspida dan Kepala dinas yang hadir disini, disamping sebagai contoh juga dapat mengingatkan kepada staf dan jajarannya untuk melaporkan SPT tahunan sebagai bentuk pelaksanaan kewajiban perpajakan.


Kembali dia menyebutkan penerimaan pajak KPP Pratama Tenggarong 2011 mencapai 1,877 trilyun dengan pencapaian 106% dari rencana penerimaan sebesar 1,766 trilyun. Penerimaan tersebut meliputi dua kabupaten  yaitu Kukar dan Kubar. "Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat Kutai Kartanegara dalam membayar pajak guna menunjang pembangunan nasional," kata Anton, berharap kerjasama 2012 KPP Pratama Tenggarong dapat mengulangi sukses dalam pencapaian target penerimaan 2012 mencapai 2,2 trilyun. Sedangkan untuk penerimaan PBB tambah dia, yakni sektor pedesaan dan perkotaan (SKB) Kukar sebesar 2,709 milyar dengan pencapaian 91,89% dari rencana penerimaan sebesar 2.948 M.


"Diketahui bersama 2012 adalah tahun terahir KPP pratama Tenggarong mengelola PBB yang selanjutnya pengelolaan sepenuhnya akan diambil alih oleh Dispenda Kukar, sesuai UU No.28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah," Demikian pungkasnya. (hmp4)

 

VideoIndex
  •  
Pengumuman

No. Telepon Penting
banner banner banner