img
FLASHNEWS:

BPD Diminta Lakukan Pengawasan Pembangunan

BPD Diminta Lakukan Pengawasan Pembangunan

TENGGARONG - Masih ditempat yang sama, Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf  usai melantik Kades Bendang Raya juga melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang beranggotakan lima (5) orang. 

Dalam pelantikan itu, Ghufron berharap kepada para anggota BPD untuk terus melakukan pengawasan dalam pembangunan khususnya di tingkat desa. "Saya berharap BPD mampu melaksanakan pengawasan roda pembangunan di tingkat desa dengan berperan aktif dan memberikan kontribusi yang nyata dalam roda pembangunan desa yang nantinya untuk kesejahteraan masyarakat," katanya Rabu (18/1) kemarin di Desa Bendang Raya Tenggarong.
Menurut dia, BPD merupakan salah satu lembaga demokrasi yang dapat melembagakan nilai-nilai demokrasi. Adanya BPD ditiap desa guna menjalankan fungsi check and balance bagi penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. 
"BPD merupakan wakil masyarakat yang fungsi pokoknya adalah melakukan kontrol terhadap pelaksanaan pemerintahan desa," katanya.
Ditegaskan Ghufron, BPD bukan lembaga oposisi dari pemerintahan desa melainkan antara BPD dan desa tidak boleh berjalan sendiri-sendiri. Kerjasama dan koordinasi  yang efektif merupakan titik tolak dari seluruh segi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa dalam rangka mensukseskan program Gerbang Raja.
Dijelaskan kembali, peran BPD selaku badan pengawas roda pembangunan desa memiliki arti yang sangat penting sebagai lembaga demokrasi di tingkat desa. Dari itu, saya berharap mampu menjalin mitra dengan baik bersama pemerintahan desa dalam merumuskan program pembangunan desa. "Kedua institusi ini merupakan ujung tombak dalam pembangunan di tingkat desa," harap Ghufron. (hmp4)

 

VideoIndex
  •  
Pengumuman

No. Telepon Penting
banner banner banner