Pemerintahan
Rabu,18 Desember 2013 :
BPKAD Gelar Sosialisasi Pemeliharaan dan Pengamanan Aset Daerah


TENGGARONG - Staf Ahli Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Salmon Zakaria, Senin (16/12) membuka acara Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No 22/2013 tentang pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah. Di Pendopo Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Tenggarong. Kegiatan ini dilaksanakan selama sehari yang diikuti peserta dari seluruh SKPD, Camat, Lurah hingga pengurus barang milik daerah. Dengan narasumber Kemendagri Bidang Pengelolaan Barang dan Aset Daerah, M Yusuf.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, agar semua SKPD khususnya kepala SKPD dan pengurus barang di SKPD dapat mengetehui pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah. Ini sangat penting dan harus dilakukan, agar semua barang milik daerah selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan secara berdaya guna dan berhasil guna. Kemudian untuk pengendalian dan penertiban dalam upaya pengurusan barang milik daerah secara fisik, administratif, tindakan hukum dan asuransi, sehingga barang milik daerah tersebut dapat dipergunakan atau dimanfaatkan dan terhindar dari penyerobotan atau pengambilalihan dari pihak lain.

Salmon Zakaria, mengatakan pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah adalah suatu kegiatan dimana pengelola, pengguna dan atau kuasa pengguna wajib melakukan pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah yang berada dalam penguasaannya. Pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah sebagaimana dimaksud dalam Permendagri No 17/2007 pasal 45 ayat (2) dan di dalam Perbup No 22/2013, pemeliharaan adalah kegiatan atau tindakan agar semua barang selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan secara berdaya guna dan berhasil guna. Pemeliharaan dilakukan terhadap barang inventaris yang sedang dalam unit pemakaian tanpa merubah menambah atau mengurangi bentuk maupun kontruksi asal, sehingga dapat dicapai pendayagunaan barang yang memenuhi persyaratan baik dari segi pemakaian maupun dari segi keindahan," katanya.

"Saya berharap kepada kepala Satuan Kerja Perangkat (SKPD) agar melakukan pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah yang terdaftar dalam buku inventaris SKPD," harap Salmon. Sementara Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kukar, Diwansyah, menuturkan bahwa pemeliharaan barang milik daerah meliputi, pemeliharaan ringan adalah pemeliharaan yang dilakukan sehari-hari oleh pengguna barang atau kuasa pengguna barang atau unit pemakai dan pengguna barang, Pemeliharaan sedang adalah pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan secara berkala oleh tenaga terdidik dan terlatih namun memiliki resiko terhadap daya guna dan hasil guna barang dumaksud, Pemeliharaan berat adalah pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan secara sewaktu-waktu oleh tenaga ahli yang pelaksanaannya tidak dapat diduga sebelumnya, tetapi dapat diperkirakan kebutuhannya," jelasnya.

BPKAD sebagai pembantu pengelola barang milik daerah, lanjut Diwansyah yakni mengharapkan kepada saudara-saudara dapat memperhatikan dan mendalami tentang sosialisasi ini, dan menanyakan kepada narasumber agar dapat memahami dan melaksanakan pemeliharaan, serta pengamanan aset di SKPD-Nya masing-masing. "Selain itu saya mengucapkan terima kasih kepada narasumber sekaligus Widyaswara Kemendagri yang telah berkenan hadir di Tenggarong, untuk dapat memberikan pencerahan kepada kita semua terkait dengan pemeliharaan dan pengamanan aset daerah," ujar Diwansyah. (rahman/hmp05).

Berita Terkait
Kategori
Download
Aplikasi
BlackBerry