Sosial Budaya
Senin,01 Juli 2013 :
Pentas Seni Hadirkan 4 Seni Daerah

thumb

TENGGARONG – Malam pertama gelaran Erau International Folklore and Art Festival (EIFAF) 2013 dimeriahkan dengan pementasan 3 seni tari khas   daerah bekas kekuasaan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Ke 3 nya tampil di pentas seni utama Jl Akhamd Mukhsin Tenggarong. Diawali tampilan  tuan rumah Kukar kemudian dari kota Bontang terakhir Kabupaten Penajam Paser Utara.


Tuan rumah Kukar di pagelaran pentas seni Erau  diwakili peguyuban seni Kepompong Kuning dari Kecamatan Kenohan. Dengan menampilkan tari berbasis Tari Jepen dengan judul Bekebon Jagong atau menanam jagung di kebun. Tarian ini menggambarkan proses petani jagung mengolah lahan hingga akhirnya memanen. Untuk mengungkapkan rasa sukur atas keberhasilan itu petani kemudian  berpersta ria melalui gerak penari. Sementara kontingen seni kota Bontang menampilkan Jepen Selendang Putri yang dibawakan oleh kelompok tari jepen Tunas Mekar Dua Serangkai binaan Lembaga Adat Kutai bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Bontang.

Tarian ini biasa ditarikan  saat menerima tamu kehormatan. Berkisah tentang putri raja yang  sedang bersukaria karena mendapat hadiah dari ayahnya sang raja berupa selendang warna warni yang didamkannya selama ini. Ini terlihat dari kostum dan selendang yang selalu di kibas kibaskan oleh penari di pegelaran ini. Diiringi tetabuhan gendang bertalu talu dan dentingan gambus, jepen Selendang putri terasa asik di nikmati penonton pentas seni. Sedang penampilan kontingen dari Penajem Paser Utara membawakan 2 buah nomer tari diawali tari  Rentak Benua Taka disusul tari berjudul Mendiwa Asa Naharap Sejahtera atau menabur harapan berharap sejahtera. Kedua tari asal Benuo Taka ini dibawakan oleh siswa siswi   SMP Negeri 1 Penajam. Tari Rentak Benua Taka berakar dari Jepen bercerita mengenai tantangan kehidupan namun disikapi dengan tabah dan sukacita  bersama sehingga usaha pembangunan  berhasil diraih.

Sedang tari Mendiwa Asa Naharap Sejahtera merupakan tari khas suku Dayak PPU yang telah digubah baik musik pengiring maupun gerak dan komposisi kereografisnya. Tari ini  cerminan semangat kehidupan sehari hari masyarakat asli  PPU.  Dalam berbagai aspek termasuk saat bertani  mereka selalu bersuka ria  menjalani kehidupan dengan damai dan sejahtera. Dari semua pementasan  maka tari Mendiwa Asa Naharap Sejahtera paling memukau  penonton pentas seni Erau. Karena selain musik dan geraknya sangat dinamis juga konsep panggungnya sebagai seni pertunjukkan tergarap rapi tanpa cela.

Berita Terkait
Kategori
Download
Aplikasi
BlackBerry