img
img
img
FLASHNEWS:

Dinas Kelautan dan Perikanan

http://dkp.kutaikartanegarakab.go.id/

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Kartanegara merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang bertugas untuk melaksanakan kewenangan desentralisasi dan dekonsentrasi di bidang Kelautan dan Perikanan. 

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara No 12/2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Lembaran Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2008 Nomor 12).  Berdasarkan Peraturan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 41 Tahun 2008 pasal 4, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara juga berfungsi untuk merumuskan kebijakan teknis operasional di bidang Kelautan dan Perikanan serta melaksanakan kebijakan operasional, pemberian bimbingan dan pembinaan di bidang Kelautan dan Perikanan. 

Selain itu, instansi ini juga memiliki fungsi untuk memberikan perizinan dan pelaksanaan pelayanan umum sesuai dengan lingkup tugasnya. Kemudian melakukan pembinaan terhadap UPTD maupun pengelolaan urusan ketatausahaan Dinas Kelautan dan Perikanan. 

Cabang Tingkat Kecamatan 

Dari 18 Kecamatan se-Kutai Kartanegara, Dinas Kelautan & Perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki 13 Cabang Dinas di tingkat kecamatan sebagai berikut: 

  1. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Tenggarong/Tenggarong Seberang 
  2. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Muara Kaman/Sebulu 
  3. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Kota Bangun 
  4. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Muara Wis 
  5. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Muara Muntai 
  6. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Kenohan 
  7. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Kembang Janggut/Tabang 
  8. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Marang Kayu 
  9. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Muara Badak 
  10. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Anggana/Sanga-Sanga 
  11. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Muara Jawa 
  12. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Samboja 
  13. Cabang Dinas Kelautan & Perikanan Kecamatan Loa Kulu/Loa Janan 

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) 

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki sejumlah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang terdiri dari 2 buah Balai Benih Ikan (BBI), 2 buah Dempond dan 1 buah Stasiun Bumi. 

Balai Benih Ikan 

  1. BBI Tirtamina, Kecamatan Tenggarong 
  2. BBI Tirtajaya, Kecamatan Sanga-Sanga 

Dempond 

  1. Dempond Muara Pantuan, Kecamatan Anggana (Luas: 2 Ha) 
  2. Dempond Muara Jawa, Kecamatan Muara Jawa (Luas: 2 Ha) 

Stasiun Bumi NOOAH Muara Badak  Untuk menunjang Sistem Informasi Perikanan dan Kelautan di daerah ini, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2008 telah membangun Stasiun Bumi Satelit NOOAH di Kecamatan Muara Badak, yaitu sebuah Teknologi Penginderaan Jarak Jauh dengan memanfaatkan satelit NOOAH untuk memantau atau memotret kondisi perairan laut terutama mengenai kesuburan laut serta dapat memotret kondisi-kondisi lain yang diperlukan dalam rangka kepentingan bidang Perikanan dan Kelautan. 

Melalui teknologi tersebut, daerah sebaran atau daerah tangkapan ikan di laut dapat diperkirakan. Daerah tangkapan ikan atau fishing ground yang telah terpantau akan menjadi informasi yang penting bagi para nelayan. Dengan informasi yang tepat dan akurat maka aktifitas nelayan menjadi efektif dan efisien. Hal ini akan dapat mengurangi biaya operasional nelayan, terutama BBM. 

 

banner banner banner