img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah

Tupoksi

BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

I. KEDUDUKAN :

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah adalah Badan staf yang langsung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati

II. TUGAS :

  1. Membantu Bupati dalam menentukan kebijakan bidang perencanaan pembangunan daerah serta penilaian atas pelaksanaannya
  2. Bidang perencanaan dimaksud meliputi penyusunan rencana, penetapan rencana, pengendalian pelaksanaan rencana serta evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan

III. FUNGSI :

  1. Menyusun Dokumen Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah.
  2. Menyusun Dokumen Perencanaan Pembangunan Jangka menengah Daerah.
  3. Menyusun Dokumen Perencanaan Pembangunan Tahunan Daerah.
  4. Menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Daerah.
  5. Melakukan kerjsaama dan koordinasi Perencanaan dengan Dinas/Instansi/Unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.
  6. Melakukan pengendali terhadap pelaksanaan pembangunan daerah.
  7. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan daerah.
  8. Melakukan pengumpulan, pengkajian dan penyajian data serta menyusun sistem informasi untuk kepentingan perencanaan pembangunan daerah.
  9. Melakukan kegiatan lain dalam rangka perencanaan sesuai petunjuk dan arahan Bupati.

IV. STRUKTUR ORGANISASI

Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara terdiri dari :

  1. Kepala
  2. Sekretariat
  3. Bidang Perencanaan Ekonomi
  4. Bidang Perencanaan Sosial Budaya
  5. Bidang Perencanaan Fisik dan Prasarana Wilayah
  6. Bidang Perencanaan Evaluasi dan Pengendalian

A. KEPALA

Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara di pimpin oleh seorang Kepala Bappeda yang mempunyai tugas dan fungsi :

TUGAS :

Membantu Bupati dalam menentukan kebijakan di bidang perencanaan pembangunan daerah serta penilaian atas pelaksanaannya.

FUNGSI :

  1. Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara.
  2. Mengadakan hubungan kerjasama dan koordinasi dengan Dinas/Instansi lain sehubungan dengan tugas fungsinya.
  3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

 

B. SEKRETARIAT

Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dipimpin oleh seorang sekretaris yang mempunyai tugas dan fungsi :

TUGAS :

Membantu Kepala Bappeda di bidang Umum, Keuangan, Kepegawaian, dan Penyusunan Rencana Kegiatan di lingkungan Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara.

FUNGSI :

1. Membantu Kepala Bappeda dalam :

  • Perencana Kebutuhan organisasi dan kegiatan administratif Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, serta pengelolaan dan pengendalian penggunaannya.
  • Menyusun rencana, mengelola dan mengurus pertanggung jawaban Keuangan serta pengajuan usul Pimpinan Kegiatan pada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
  • Menyelenggarakan administrasi umum dan kepegawaian.

2. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bappeda.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Sekretaris Bappeda dibantu oleh :

1. Kepala Sub Bagian Umum.

Tugas : membantu sekretaris Bappeda dalam bidang administrasi dan perlengkapan Bappeda.

Fungsi :

  • Melaksanakan administrasi umum (surat masuk dan Keluar) serta tata kearsifan Bappeda
  • Melaksanakan urusan rumah tangga Bappeda
  • Mengelola dan menginventarisasi perlengkapan kantor Bappeda.

2. Kepala Sub Bagian Keuangan.

Tugas : membantu sekretaris Bappeda dalam bidang administrasi keuangan Bappeda.

Fungsi :

  • Menyusunan Anggaran Belanja Rumah Tangga Bappeda.
  • Mengelolaan keuangan Bappeda
  • Menyusun pertanggungjawaban penggunaan anggaran Bappeda.

3. Kepala Sub Bagian Kepegawaian.

Tugas : membantu sekretaris Bappeda dalam pengelolaan administrasi kepegawaian kantor Bappeda.

Fungsi :

  • Melaksanakan administrasi kepegawaian Bappeda
  • Pengurusan pengembangan sumber daya manusia Bappeda.
  • Pengembangan uraian tugas kepegawaian Bappeda.

4. Kepala Sub Bagian Penyusunan Rencana Kegiatan.

Tugas : membantu sekretaris Bappeda dalam Penyusunan Rencana Kegiatan Tahunan Bappeda.

Fungsi :

  • Persiapan Rapat Koordinasi Pembangunan dengan instansi lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten.
  • Penyusunan Rencana kegiatan internal Bappeda
  • Pelaksanaan Evaluasi Kegiatan internal Bappeda
  • Penyusunan laporan hasil kegiatan internal Bappeda

C. BIDANG PERENCANAAN EKONOMI

Bidang Perencanaan Ekonomi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas dan fungsi :

Tugas :

Membantu Kepala Bappeda di dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah di bidang ekonomi serta penilaian atas pelaksanaannya.

Fungsi :

  1. Perencana pembangunan di bidang pertanian, perikanan dan kelautan, industri, perdagangan, pariwisata dan koperasi, investasi dan pendapatan daerah
  2. Pengkoordinasi dan pemanduan rencana pembangunan di bidang pertanian, perikanan dan kelautan, industri, perdagangan, pariwisata dan koperasi, investasi dan pendapatan daerah yang disusun oleh perangkat daerah
  3. Pelaksana inventarisasi permasalahan Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan perumusan langkah-langkah pemecahannnya
  4. Pelaksana tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bappeda

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi dibantu oleh :

1. Sub Bidang Pertanian

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

2. Sub Bidang Pertambangan dan Energi

Tugas :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Pertambangan dan Energi.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Pertambangan dan Energi.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Pertambangan dan Energi.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Pertambangan dan Energi.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

3. Sub Bidang Perdagangan, Jasa dan Koperasi

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang perdagangan, jasa dan koperasi.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Perdagangan, Jasa dan Koperasi.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Perdagangan, Jasa dan Koperasi.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang v.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Perdagangan, Jasa dan Koperasi.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

4. Sub Bidang Pengembangan Dunia Usaha

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pengembangan dunia usaha dan investasi.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang pengembangan dunia usaha dan investasi.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang pengembangan dunia usaha dan investasi.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang pengembangan dunia usaha dan investasi.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang pengembangan dunia usaha dan investasi.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

5. Sub Bidang Perindustrian

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang industri.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Perindustrian.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Perindustrian.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Perindustrian.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Perindustrian.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

 

D. BIDANG PERENCANAAN SOSIAL BUDAYA

Bidang Perencaan Sosial Budaya dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas dan fungsi :

Tugas :

Membantu Kepala Bappeda di dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah di bidang sosial budaya serta penilaian atas pelaksanaannya.

Fungsi :

  1. Perencanaan di bidang kependudukan, pemuda dan olah raga, kesehatan dan kesejahteraan sosial, penerangan, agama, pendidikan dan seni budaya serta pemerintahan dan sumber daya manusia
  2. Pengkoordinasian dan pemanduan rencana pembangunan di bidang kependudukan, pemuda, dan olah raga, kesehatan dan kesejahteraan sosial, penerangan, agama, pendidikan dan seni budaya serta Pemerintahan dan Sumber Daya Manusia ( SDM )
  3. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan di bidang Perencanaan Pembangunan Sosial Budaya dan perumusan langkah-langkah kebijaksanaan pemecahannya
  4. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan.

Dalam menjalankan tugasnya, Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya dibantu oleh :

1. Sub Bidang Pendidikan, Mental Spiritual

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang pendidikan, mental spiritual.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Pendidikan, mental Spiritual.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Pendidikan, mental Spiritual.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Pendidikan, mental Spiritual.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Pendidikan, mental Spiritual.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang dan atau Kepala Kantor.

2. Sub Bidang Kesejahteraan Rakyat

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang Kesejahteraan Rakyat.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Kesejahteraan Rakyat.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Kesejahteraan Rakyat.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Kesejahteraan Rakyat.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Kesejahteraan Rakyat.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

3. Sub Bidang Penerangan dan Komunikasi

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang penerangan dan komunikasi.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Penerangan dan Komunikasi.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Penerangan dan Komunikasi.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Penerangan dan Komunikasi.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Penerangan dan Komunikasi.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

4. Sub Bidang Kependudukan

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang kependudukan dan sumber daya manusia.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Kependudukan.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Kependudukan.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Kependudukan.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Kependudukan.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

5. Sub Bidang Pemerintahan

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang Pemerintahan.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Pemerintahan.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Pemerintahan.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Pemerintahan.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Pemerintahan.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

 

E. BIDANG PERENCANAAN FISIK DAN PRASARANA WILAYAH

Bidang Perencanaan Fisik dan Prasarana Wilayah dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas dan fungsi :

Tugas :

Membantu Kepala Bappeda di dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah di bidang sarana dan prasarana Infrastruktur serta penilaian atas pelaksanaannya.

Fungsi :

  1. Perencanaan di bidang pembangunan perhubungan, permukiman dan pengembangan prasarana wilayah, sumber daya alam, energi dan lingkungan hidup, tata ruang serta pengairan
  2. Pengkoordinasian dan pemanduan rencana pembangunan di bidang pembangunan perhubungan, permukiman dan pengembangan prasarana wilayah sumber daya alam, energi dan lingkungan hidup, tata ruang serta pengairan
  3. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan Bidang Pembangunan fisik dan prasarana wilayah dan perumusan langkah-langkah kebijakan pemecahannya
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kelapa Bidang Perencanaan Fisik dan Prasarana Wilayah dibantu oleh :

1. Sub Bidang Pengairan

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang pengairan dalam upaya pembangunan sumber daya air.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Pengairan.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Pengairan.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Pengairan.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Pengairan.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

2. Sub Bidang Perhubungan dan Pariwisata

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang perhubungan dan pariwisata.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Perhubungan dan Pariwisata.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Perhubungan dan Pariwisata.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Perhubungan dan Pariwisata.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Perhubungan dan Pariwisata.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

3. Sub Bidang Prasarana Pemerintahan dan Pemukiman

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang prasarana pemerintahan, perumahan dan pemukiman.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang prasarana pemerintahan, perumahan dan pemukiman.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di prasarana pemerintahan, perumahan dan pemukiman.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang prasarana pemerintahan, perumahan dan pemukiman.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang prasarana pemerintahan, perumahan dan pemukiman.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

4. Sub Bidang Tata Ruang dan Tata Guna Tanah

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang Tata Ruang dan Tata Guna Tanah.

Fungsi :

  • Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Tata Ruang dan Tata Guna Tanah.
  • Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Tata Ruang dan Tata Guna Tanah.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Tata Ruang dan Tata Guna Tanah.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Tata Ruang dan Tata Guna Tanah.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

5. Sub Bidang Sumber Daya Alam & Lingkungan Hidup

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan koordinasi, evaluasi dan analisa penyusunan program pembangunan bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Fungsi :

  •  Menyusun rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di Bidang Sumber Daya Alam & Lingkungan Hidup.
  •  Menetapkan rencana pembangunan dalam lingkup kegiatan di bidang Sumber Daya Alam & Lingkungan Hidup.
  • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Sumber Daya Alam & Lingkungan Hidup.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Bidang Sumber Daya Alam & Lingkungan Hidup.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

 

F. BIDANG EVALUASI DAN PENGENDALIAN

Bidang Evaluasi dan Pengendalian dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas dan fungsi :

Tugas :

Membantu Kepala Bappeda dalam melaksanakan Pengumpulan Data, Monitoring dan Evaluasi serta Pengendalian pembangunan.

Fungsi :

  1. Melakukan pengumpulan data dalam bentuk angka sementara dan mengolahnya agar dapat digunakan menjadi angka tetap.
  2. Melaksanakan evaluasi bahan dan laporan termasuk dari berbagai instansi mengenai program / kegiatan pembangunan dan menyusun LPJ Bupati Kutai Kartanegara.
  3. Melakukan pengolahan, penyusunan dan pemelihara Data Statistik hasil pelaksanaan program/kegiatan pembangunan Kabupaten Kutai Kartanegara dan mempersiapkan peragaannya.
  4. Menyusun bahan-bahan laporan pelaksanaan program/kegiatan Pembangunan Kabupaten Kutai Kartanegara untuk dilaporkan kepada Instansi terkait.
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan.

Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana diatas, Kepala Bidang Evaluasi dan Pengendalian dibantu oleh :

1. Sub Bidang Pengumpulan Data

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan inventarisasi dan pengumpulan data pembangunan dalam bentuk statistik.

Fungsi :

  • Melakukan survey permasalahan - permasalahan pembangunan.
  • Melakukan identifikasi dan inventarisasi terhadap pokok permasalahan dalam proses pembangunan.
  • Mengumpulkan data dan menyusun database pembangunan.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

2. Sub Bidang Analisa dan Penilaian

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melakukan penyiapan bahan analisa dan penilaian pelaksanaan pembangunan sebagai bahan rumusan kebijakan pembangunan serta menyiapkan bahan penyusunan pertanggungjawaban tahunan dan masa akhir jabatan bupati.

Fungsi :

  • Mengolah data-data statistik hasil pelaksanaan pembangunan.
  • Menganalisa data-data statistik pelaksanaan pembangunan.
  • Melakukan penilaian atas data-data statistik pelaksanaan pembangunan hasil analis.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

3. Sub Bidang Pelaporan

Tugas :

Membantu Kepala Bidang untuk melaporkan data hasil-hasil pelaksanaan pembangunan.

Fungsi :

  • Melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pembangunan.
  • Melakukan evaluasi terhadap data-data hasil pelaksanaan pembangunan
  • Menyusun tabulasi data-data pelaksanaan pembangunan.
  • Melaporkan data-data hasil pelaksanaan pembangunan untuk dievaluasi guna perencanaan pembangunan berikutnya.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

4. Sub Bidang Peragaan

Tugas :

Penyusunan dan pemeliharaan data statistik hasil pelaksanaan pembangunan daerah serta pembuatan visual hasil pembangunan.

Fungsi :

  • Penyusunan dan pemeliharaan data statistik pembangunan.
  • Penyusunan grafik, gambar dan tabulasi data hasil pembangunan.
  • Penyusunan audio video visual hasil-hasil pembangunan.
  • Penyusunan bahan paparan, presentasi dan ekspose hasil-hasil pembangunan.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

5. Sub Bidang Dokumentasi dan Informasi

Tugas :

Pengelola dokumen, pendistribusi dan penyebarluasan informasi pelaksanaan pembangunan.

Fungsi :

  • Pembuatan dokumentasi hasil-hasil pelaksanaan pembangunan.
  • Pengelola dan pemelihara dokumen-dokumen hasil-hasil pelaksanaan pembangunan.
  • Penyebarluasan informasi hasil-hasil pelaksanaan pembangunan melalui mass media.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan arahan dan petunjuk Kepala Bidang.

Fokus

Top Stories

Berita Foto

Agenda Tentatif

Berita Warga

Info Komoditi

  • Gula 16.000/kg
  • Jeruk Impor 45.000/kg
  • Kemiri 10.000/kg
  • Tomat 12.000/kg
  • Kol 20.000/kg
  • Kentang 18.000/kg
  • Ikan Asin Teri Kecil 60.000/kg
  • Cabe Merah Besar 50.000/kg
  • Cabe Rawit 100.000/kg
  • Bawang Putih 38.000/kg