img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Info SKPD

BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH

Alamat website : http://bkd.kutaikartanegarakab.go.id/

Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor Nomor 10 Tahun 2012 atas Perubahan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2007 Tentang Pmbentukan Lembaga Teknis Daerah. Pembentukan Badan Kepegawaian Daerah  mengacu kepada kebijakan Pemerintah Pusat, yaitu Undang-Undang Nomor 43 Tahun 199 pasal 34 A ayat (1) Untuk kelancaran pelaksanaan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dibentuk Badan Kepegawaian Daerah dan Keputusan Presiden RI Nomor 159 Tahun 2000 Tentang Pedoman Pembentukan Badan Kepegawaian Daerah.

Beberapa Tugas Pokok dan Fungsi Badan Kepegawaian Daerah adalah menyelenggarakan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan melaksanakan program Pengelolaan Sumber Daya Manusia Aparatur melalui kegiatan-kegiatan pokok :

  1. Menata kembali sumber daya aparatur sesuai dengan kebutuhan akan jumlah dan kompetensi, serta perbaikan distribusi PNS.
  2. Menyempurnakan sistem manajemen pengelolaan sumber daya manusia aparatur terutama pada sistem karier dan prestasi kerja.
  3. Menyelenggarakan sistem dan kualitas penyelenggarakan Diklat PNS.
  4. Menciptakan sumber daya aparatur yang professional dan memiliki jiwa entrepreneurship

 Selanjutnya  kelembagaan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara berencana mengembangkan struktur organisasi terutama pada bidang yang disebabkan oleh adanya kebutuhan organisasi dalam rangka  peningkatan sumber daya aparatur Pemerintah, diantaranya mempunyai karekteristik yang berbeda dalam sisi penekanan pada Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) yaitu ; Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menjadi Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kutai Kartanegara.