img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Info SKPD

BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Alamat website : http://bkd.kutaikartanegarakab.go.id/

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia:

Dra.Jane A Nazaruddin.,M.Si

KEWENANGAN

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai kewenangan :

1. Pelaksanaan persiapan, pengumpulan bahan dan informasi serta sarana dan prasarana dalam rangka penyusunan kebijakan, rencana program kerja bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia;

2. Pelaksanaan penghimpunan, pengkajian dan penyiapan penyusunan produk hukum daerah serta kebijakan teknis manajemen ASN sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan;

3. Pelaksanaan penyusunan formasi, pengadaan, perpindahan, pengurusan kenaikan pangkat, promosi, pembinaan dan disiplin, pengembangan sumber daya manusia, penilaian kinerja, kesejahteraan dan pensiun;

4. Pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi ASN; dan

5. Pelaksanaan fasilitasi profesi ASN.

 

Beberapa Tugas Pokok dan Fungsi Badan Kepegawaian Daerah adalah menyelenggarakan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan melaksanakan program Pengelolaan Sumber Daya Manusia Aparatur melalui kegiatan-kegiatan pokok :

  1. Menata kembali sumber daya aparatur sesuai dengan kebutuhan akan jumlah dan kompetensi, serta perbaikan distribusi PNS.
  2. Menyempurnakan sistem manajemen pengelolaan sumber daya manusia aparatur terutama pada sistem karier dan prestasi kerja.
  3. Menyelenggarakan sistem dan kualitas penyelenggarakan Diklat PNS.
  4. Menciptakan sumber daya aparatur yang professional dan memiliki jiwa entrepreneurship

 Selanjutnya  kelembagaan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara berencana mengembangkan struktur organisasi terutama pada bidang yang disebabkan oleh adanya kebutuhan organisasi dalam rangka  peningkatan sumber daya aparatur Pemerintah, diantaranya mempunyai karekteristik yang berbeda dalam sisi penekanan pada Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) yaitu ; Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menjadi Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kutai Kartanegara.

KEDUDUKAN

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan unsur penunjang urusan pemerintahan bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia yang dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.