img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Info SKPD

Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa

Nama Kepala Badan : H.M.Syamsie Juhrie,S.Sos

Alamat Kantor: Jl.Jelawat NO.61,Telp (0541)661832,663880

Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang selanjutnya disingkat dengan BAPEMAS DAN PEMDES adalah unsur perangkat daerah dalam monitoring, evaluasi dan pengendalian program Desa Mandiri.

Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Program Desa Mandiri, adalah program pembangunan yang menempatkan Desa/Kelurahan sebagai sasaran dan tujuan sekaligus indikator dari program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh SKPD.

Sasaran Program Desa Mandiri adalah Desa /Kelurahan dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara

Monitoring, evaluasi dan pengendalian terhadap seluruh program Desa Mandiri dilaksanakan secara terpadu oleh Pemerintah Daerah, yang dikoordinasikan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

Setiap SKPD melaporkan secara berkala tiap bulan kepada Bupati perkembangan pelaksanaan program/kegiatan pencapaian Desa Mandiri dengan tembusan kepada tim koordinasi program Desa Mandiri.